Harga Gedung Putih

Presiden AS Barack Obama kemungkinan akan bahagia begitu mengetahui nilai Gedung Putih terus melejit.

Riset online oleh situs properti Zillow memperkirakan, kediaman presiden yang bersejarah dan terletak di 1600 Pennsylvania Avenue tersebut kini bernilai $249 juta (sekitar Rp2,84 triliun), naik tujuh persen dari saat Barack Obama menempatinya pertama kali tahun 2009.

Meski lebih baik dibandingkan harga jual rumah rata-rata secara nasional yang turun sebesar 5,3 persen di periode yang sama sampai $156.200 (sekitar Rp1,5 miliar), kenaikan tersebut lebih rendah dibandingkan dengan kediaman-kediaman lainnya di lingkungan sekitar Gedung Putih di Washington, DC.

Penelitian tersebut secara keseluruhan menemukan, nilai penjualan rumah di Washington DC naik sebesar 13,6 persen selama empat tahun terakhir.

Stan Humphries, ahli ekonomi Zillow, mengatakan bahwa Gedung Putih, yang nilainya pernah mencapai $299,9 juta (sekitar Rp2,89 triliun) pada Juli 2006 lalu tersebut bukan sekedar sebuah rumah, itu adalah sebuah simbol Amerika.

“Secara keseluruhan, harga jual Gedung Putih selama empat tahun terakhir gagal menyamai tingkat kenaikan harga rumah di kota Washington DC, namun itu terjadi karena kota Washington secara keseluruhan merupakan lingkungan yang mengelilingi Gedung Putih,” kata Stan. “Nilai kenaikan sebesar tujuh persen sejak awal 2009 jauh melampaui rata-rata kenaikan harga rumah secara nasional di waktu yang sama, dan kebanyakan para pemilik rumah akan cukup bahagia dengan keuntungan sebesar tujuh persen dari investasi yang mereka lakukan di 2009.”

Peneliti menghitung, jika ada seorang pembeli potensial yang mau mempertahakan Gedung Putih selama 30 tahun, dengan bunga hipotek tetap, biaya bulanan, termasuk pajak, asuransi, kebutuhan mendasar dan bunganya, maka dia akan menghabiskan $1.130.832 (sekitar Rp10,9 miliar).

Menyewakan rumah yang memiliki luas bagian dalam sekitar 16.764 meter persegi dengan jumlah keseluruhan 132 ruangan, 35 kamar mandi, 16 kamar tidur, tiga dapur, dan taman seluas sekitar 7,28 hektar malah bisa mendapatkan pemasukan yang luar biasa. Proyek penelitian tersebut menyebutkan bahwa biaya sewa kediaman presiden tersebut bisa mencapai $1,75 juta (sekitar Rp16,8 miliar) selama sebulan.

Untuk menentukan proyeksinya, tim dari Zillow yang terdiri dari para ahli statistik, awalnya melihat karakteristik fisik bangunan tersebut, lalu menghitung harga jual rumah paling mahal di Washington, DC serta rumah-rumah bersejarah lainnya di wilayah yang baru-baru ini dijual. Mereka kemudian menghitung nilai sejarah dari rumah-rumah sejenis yang tidak beitu banyak memiliki nilai sejarah.

Para ahli statistik di Zillow menganggap, Gedung Putih merupakan kediaman paling bersejarah di negeri itu dan memiliki nilai sejarah yang tinggi di antara model-model kediaman sejenis untuk menentukan nilai akhirnya.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

2 Balasan ke Harga Gedung Putih

  1. www.squidoo.com berkata:

    I visited several web pages except the audio quality
    for audio songs existing at this web site is truly fabulous.

  2. Do you have a spam problem on this website; I also am a blogger, and I was wondering
    your situation; we have developed some nice methods and
    we are looking to swap strategies with other folks, please
    shoot me an e-mail if interested.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s