Fakta Unik Bra

Bra adalah pakaian dalam yang rumit. Tugasnya menyangga, membentuk belahan dan menggoda. Berikut adalah cuplikan fakta sejarah dari bra.

100:  Jumlah rumbai bra yang menutupi dada Hera (dewi Yunani), yang dia pakai untuk mengalihkan perhatian Zeus dari Perang Troya dalam “The Iliad” karya Homer.

1858: Tahun ini, seorang wanita Brooklyn menemukan sebuah sisipan, yang terbuat dari gulungan kawat dan bantalan, untuk korset yang membuat dada terlihat lebih besar. Dia mengisi bantalan itu dengan kulit kayu, rumput atau rambut, yang dia yakini tahan keringat.

1950-an: Abad di mana miniset pertama untuk remaja dibuat.

1907: Tahun ini kata “brassiere” pertama kali muncul di majalah Vogue, sebagai referensi untuk pakaian dalam pembentuk payudara yang dipakai sebagai tambahan untuk korset. Empat tahun kemudian Macy’s membuka toko brassiere.

22: Umur aktris Clara Bow ketika dia tidak memakai bra di film “It” pada 1927. “Dadanya terlihat menonjol dengan itu,” ujar salah satu karakter dalam adegan ketika puting Clara terlihat melalui kemejanya.

1943: Tahun ketika produser Howard Hughes memberikan bra yang menonjolkan belahan dada untuk aktris Jane Russell setelah mengeluh di lokasi syuting “The Outlaw”, “Kita tidak cukup bisa mengeksplorasi payudara Jane saat syuting.”

45: 45 tahun kemudian Russel mengungkapkan di biografinya bahwa dia membenci bra yang diberikan Hughes yang tidak nyaman ketika dikenakan, melemparnya ke belakang ranjangnya dan sebagai gantinya mengenakan bra yang dia sempurnakan sendiri. Tapi bra yang dibuat Jane Russell, bra penopang, yang kemudian dikenal sebagai “bra yang menyelamatkan Hollywood.”

400: Sekitar 400 wanita yang memprotes kontes kecantikan Miss America 1968 dengan membuang barang-barang yang menurut mereka menyiksa kaum wanita — majalah Playboy, sepatu heels dan bra ke tempat sampah. Maksud mereka adalah untuk membakar semua barang-barang itu , tapi pihak kepolisian menghalangi mereka. Dari situ, muncul istilah “bra burning” atau membakar bra.

1977:
Pada tahun ini, perancang-perancang ‘jock bra’ (sekarang dikenal dengan Jog Bra) terinspirasi untuk membuat bra dari bentuk dan fungsi jockstrap, celana dalam olahraga yang dikhusukan untuk melindungi alat kelamin pria.

1990: Tahun ini Jean Paul Gaultier merancang bra lancip untuk tur ketiga Madonna, “Blonde Ambition”.

15.000:
Jumlah bra yang terjual tiga hari setelah Oprah Winfrey meresmikan bra olahraga Enell pada 2001.

5: Peringkat Wonderbra, bra dengan bantalan untuk menonjolkan belahan dada yang diperkenalkan pada 1990-an, dalam daftar 50 penemuan terbaik sepanjang masa orang Kanada versi Canadian Broadcasting Company pada 2007. Alat pacu jantung justru berada di nomor 6.

10: 10 tahun yang lalu rata-rata orang ukuran bra orang Amerika adalah 36 C. Sekarang ini, 36 DD.

104:
Episode “Seinfeld” saat ayah Kramer dan George Constanza, Frank, bekerjasama untuk membuat bra pria dan beradu argumen apakah akan menyebut itu “the bro” atau “the manssiere”.

12,5 juta dolar Amerika (sekitar Rp 119 miliar):
Nilai Heavenly Star Bra dari Victoria’s Secret, yang dirancang pada 2001, yang masih menjadi bra paling mahal yang pernah dibuat. Di tengah bra itu adalah potongan berlian zamrud 90 karat yang bernilai 10,6 juta dolar Amerika (sekitar Rp101 miliar).

67,6: Presentase wanita yang mengatakan pada survei 1995 bahwa mereka akan membeli sebuah bra baru untuk acara spesial.

80: Presentase wanita yang salah memakai ukuran bra, menurut para ahli.

2012: Tahun ketika dua mantan karyawan Microsoft mengembangkan algoritma untuk mencocokkan ukuran bra. Para pelanggan True&Co cukup menjawab sebuah survei yang dilakukan secara online dan dicocokkan dengan sebuah bra. Slogannya: “Tidak ada kamar pas. Tidak ada pita pengukur.”

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s