Target Alqaeda Di Libya

Gambar

Dalam bulan-bulan menjelang kematiannya, Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Libya Chris Stevens, masuk daftar target teror kelompok Alqaeda.

Badan intelijen AS CIA sedang menyelidiki laporan tersebut. Namun, menurut Direktur Pusat Kontra-Terorisme Nasional AS Matthew Olsen, Stevens dan dua anggota tim keamanannya tewas akibat aksi demonstrasi.

“Saya akan mengatakan, ya, mereka dibunuh dalam proses serangan teroris di kedutaan kami,” kata Olsen pada sidang Senat Homeland Security, dikutip dari CNN, Kamis (20/9/2012).

Duta Besar Amerika untuk Libya dan tiga staf kedutaan tewas setelah para demonstran menyerbu Konsulat AS di Benghazi, Selasa (11/9/2012) malam.

Para pejabat AS mengatakan, gedung konsulat di Libya ditembaki sekitar pukul 22.00 waktu setempat pada Selasa malam, dan gedung utama langsung terbakar.

Tiga orang warga AS lainnya tewas, termasuk Sean Smith, seorang pegawai Departemen Luar Negeri, dalam serangan yang disebut Gedung Putih sebagai serangan ‘kompleks’.

Pasukan Libya dan AS berusaha merebut kembali gedung itu beberapa kali, tapi baru berhasil pada Rabu pagi pukul 02.00 waktu setempat.

Smith ditemukan meninggal dunia dalam gedung. Sedangkan berdasarkan sejumlah laporan yang belum bisa dikonfirmasi, termasuk pernyataan dari pejabat Arab pada BBC, kekerasan itu kemungkinan sudah direncanakan.

Ada pula laporan yang mengatakan bahwa milisi yang dikenal dengan brigade Ansar al-Sharia terlibat, tapi kelompok itu telah membantah keterlibatan mereka, seperti dilaporkan wartawan BBC Rana Jawad di Tripoli.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s