Jurang Fiskal Amerika Serikat

Batas waktu untuk mencapai persetujuan mengenai ‘jurang fiskal’ bagi kedua partai Amerika Serikat berakhir kemarin. Pembahasan dimaksudkan untuk menyelesaikan persoalan kenaikan pajak dan pemotongan anggaran otomatis. Menurut informasi terbaru, meski kedua partai telah mencapai kemajuan dalam penanganan masalah tersebut, namun oleh karena adanya prosedur legislasi, dapat dikatakan Amerika Serikat telah terjatuh dari ‘jurang fiskal’.

            Pemimpin partai minoritas senat Amerika Serikat, yaitu ketua fraksi Partai Republik di senat, Mitch McConnell dan pemimpin Partai Demokrat, Wakil Presiden Joseph Biden pada 31 Desember 2012 kemarin telah memulai pembicaraan mengenai masalah ‘jurang fiskal’. Presiden Barrack Obama kemarin sore sempat menyatakan bahwa kesepakatan untuk mencegah kenaikan pajak dalam jumlah besar sudah hampir tercapai. Partai Demokrat telah menyetujui rancangan pengurangan pajak bagi keluarga yang  berpendapatan kurang dari US$450 ribu dan individu yang berpendapatan US$400 ribu. Menurut rancangan tersebut, keluarga yang berpendapatan tahunan lebih dari US$450 ribu dan individu yang berpendapatan tahunan di atas US$400 ribu sejak 1 Januari 2013 akan dinaikkan pajaknya dari 35% menjadi 40%. Ini berarti kembali pada kebijakan era Presiden Bill Clinton. Sementara itu, Partai Republik juga member konsesi, yaitu menyetujui kenaikan pajak sebanyak 5% bagi individu yang memiliki asset property senilai US$5 juta dan sepasang suami sitri yang memiliki asset property senilai US$10 juta. Selain itu, kedua partai juga mencapai kesepakatan untuk memperpanjang pemberian dana bantuan kepada tenaga penganggur selama setahun. Senat Amerika Serikat telah meloloskan keputusan tersebut dengan pemungutan suara pada malam kemarin.

            Meski masih terdapat banyak masalah rinci yang belum diselesaikan, namun kesepahaman tersebut dapat dikatakan telah mencapai kemajuan yang sangat signifikan. Menurut proses legislasi, persetujuan tersebut harus melalui referendum oleh kongres dan senat, serta ditandatangani oleh Presiden Obama, baru dapat resmi diberlakukan. Namun, sampai pada malam kemarin, kongres yang dikuasai Partai Republik mengumumkan mereka tidak bermaksud mengadakan pemungutan suara mengenai ‘jurang fiskal’ pada hari itu. Dengan kata lain, meski senat telah mencapai persetujuan dan lolos lewat pemungutan suara, namun masih belum dapat diserahkan kepada Presiden untuk ditandatangani sebelum resmi dilaksanakan. Dengan demikian, dapat dikatakan, sejak pukul 00.00 tanggal 1 Januari 2013 waktu setempat, Amerika Serikat telah terjatuh dari ‘jurang fiskal’.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s