Asteroid Hanya Melewati Bumi

Sebuah asteroid raksasa hanya akan melayang melewati Bumi beberapa watu yang lalu. Asteroid 4179 Toutatis yang berjarak dengan Bumi sekitar 3 mil atau 5 kilometer saja akan semakin memperbesar bentuknya dalam jarak 4,3 juta mil (7 kilometer) dari Bumi selama pergerakan yang terjadi pada Rabu (12/12).

Asteroid Toutatis pertama kali dilihat pada 1934 dan secara resmi ditemukan pada 1989. Asteroid ini melakukan satu perjalanan mengelilingi matahari setiap empat tahun. Sebuah lembaga bernama The Minor Planet Center di Cambridge, Massachussets menggolongkan Toutatis sebagai asteroid berbahaya, yang berarti dapat menimbulkan ancaman Bumi di masa depan.

Para peneliti secara umum mengatakan benturan apa saja yang disebabkan oleh benda luar angkasa dengan lebar sekitar satu kilometre akan berdampak global yang akan mengubah iklim di dunia selama bertahun-tahun. Sebagai perbandingan, asteroid yang menghapus keberadaan dinosaurus dari Bumi 65 juta tahun yang lalu berukuran sekitar 6 mil (10 kilometer). Menurut para peneliti, jarak asteroid Toutatis saat ini terlalu jauh untuk dapat menimbulkan dampak sekecil mungkin pada permukaan Bumi, tapi cukup dekat untuk menjadi pertunjukan menarik menggunakan teleskop canggih.

Dengan menggunakan teleskop canggih, gerakan asteroid itu dapat dilacak dan dilihat oleh para ‘pengamat langit’ di seluruh dunia termasuk kita lewat video streaming.

Gambar

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s