Bekerja efektif, Hidup Produktif

Pekerjaan memang tidak pernah usai, jadi jagan dirisaukan. Demikian nasihat seorang teman menanggapi keluhan sahabatnya yang sedang bercerita penuh emosi tentang ritme kerjanya yang tinggi dan padat. Menurutnya, pekerjaan yang padat tidak menjadi alasan untuk tidak mampu memanjakan diri sendiri dan tetap menjalin hubungan social dengan keluarga serta kerabat.

            Terlebih bagi mereka yang sudah berkeluarga, membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga bukanlah hal mudah. Dalam hal ini, manajemen waktu menjadi prioritas utama dalam bekerja. Yang sering ditemui, banyak orang tidak focus mengerjakan satu demi satu pekerjaan sehingga banyak waktu terbuang tanpa ada satu pekerjaan yang terselesaikan.

            Oleh karena itu, tidak ada salahnya membuat jadwal pekerjaan setiap hari dan target mingguan yang harus diselesaikan. Urutkan pekerjaan berdasarkan tingkat prioritas dan jangka waktu. Atur dengan tepat berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk makan siang maupun istirahat sebentar agar konsentrasi tetap terjaga. Terlalu lama beristirahat akan membuang waktu kerja, tetapi tidak beristirahat juga tidak baik untuk kesehatan tubuh serta kebugaran otak.

            Efektivtas kerja juga dipengaruhi dari kemampuan Anda bekerja dengan penuh konsentrasi. Oleh karena itu, singkirkan segala bentuk yang bisa menjadi pengganggu. Usahakan untuk tidak mengintip e-mail pribadi yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan terlalu lama atau membuka situs jejaring social sehingga banyak waktu terbuang percuma.

            Bekerja efektif meminimalkan kemungkinan membawa sisa pekerjaan ke rumah. Anda toh perlu menjalin hubungan dan komunikasi dengan anggota keluarga lainnya demi keharmonisan keluarga. Kalau harus membawa pekerjaan ke rumah, Anda bisa melakukannya dengan menunggu setelah anak tertidur. Atau, hal ini justru bisa menjadi “kegiatan bersama”. Anak-anak belajar atau mengerjakan tugas rumah, Anda menyelesaikan pekerjaan. Lakukan di ruangan yang sama jika memungkinkan sehingga kebersamaan tetap terasa.

            Kalaupun sudah membawa pulang pekerjaan di hari-hari kerja, bersikaplah disiplin dengan diri sendiri untuk tidak bekerja saat akhir pecan. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh serta lepas dari beban dan stress. Menyeimbangkan hidup dengan manajemen waktu yang baik tanpa disadari merupakan bekal untuk tetap mampu hidup produktif.

            Anda tidak perlu mengorbankan pilihan antara bekerja dan menikmati hidup. Keduanya bisa berjalan bersamaan.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s