Pabrik Nuklir Di Amerika Serikat

Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan menyetujui usul PT Batan Teknologi (Persero) mendirikan perusahaan yang memproduksi radioisotop atau nuklir bersih di Amerika Serikat. “Saya setuju, karena nantinya ini bisa menguasai pasar Amerika Serikat,” ujar Dahlan ketika dijumpai di kompleks parlemen Senayan, Selasa, 25 September 2012.

Ia menjelaskan, Batan mempunyai peluang dalam bisnis radioisotop dengan mendirikan perusahaan kedokteran nuklir yang khusus memproduksi radioisotop. Perusahaan itu nantinya akan menjadi perusahaan terbesar di Asia Tenggara, apalagi saat ini produknya sudah diekspor ke banyak negara, seperti Jepang.

Pendirian perusahaan di Amerika diperlukan karena radioisotop tak bisa diekspor hingga ke sana. “Karena, kalau dikirim, radiasinya akan menurun,” kata Dahlan. Sedangkan permintaan radioisotop dari negara tersebut juga tak mungkin diabaikan. Apalagi hingga saat ini Amerika belum mampu memproduksi radioisotop tersebut.

Dahlan telah meminta Direktur Batan Teknologi langsung bertandang ke negara tersebut untuk bernegosiasi. Diperkirakan, hasil negosiasi ini sudah bisa diumumkan pada pekan depan. Pemerintah berharap setidaknya perusahaan sudah bisa dibangun di sana pada 2013.

Sebelum perusahaan resmi beroperasi, Dahlan meminta Batan merekrut sumber daya terlebih dulu, mengingat di Indonesia juga masih banyak sarjana-sarjana di bidang teknologi nuklir yang belum dioptimalkan.

Gambar

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s