Bahaya Duduk Terlalu Lama

Duduk mengambil porsi terbanyak dalam aktivitas harian manusia. Lalu, mengapa harus menjadi persoalan? Karena ada beberapa penyakit yang mengancam kesehatan karena kebiasaan duduk.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat terhadap lebih dari 80.000 orang menunjukkan, terlalu banyak duduk akan meningkatkan risiko terkena diabetes. Duduk dalam waktu lama juga meningkatkan risiko terkena sakit jantung. Ternyata risiko ini juga tinggi bagi mereka yang rajin berolahraga.

            Ketika duduk dalam waktu lama, kadar gula dalam darah akan meningkat. Lemak menumpuk sehingga menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Itu sebabnya, walaupun sering berolah raga, tetap tidak dapat menghindar dari kondisi tersebut. Pada dasarnya, ramuan kesehatan yang utama bagi orang dewasa ini adalah menggabungkan aktivtas fisik secara rutin dan mengurangi “gaya hidup duduk”.

Sebagai contoh, orang yang duduk menonton TV selama 4 jam berisiko terkena penyakit kardiovaskular 80% lebih tinggi ketimbang mereka yang melakukannya hanya selama 2 jam.

Kegiatan duduk memang sering kali mustahil untuk dihindari. Akan tetapi, bukan berarti tidak ada solusi. Membiasakan diri selalu menggunakan tangga dibandingkan lift saat di mall atau kantor adalah salah satunya. Mendatangi rekan kerja secara langsung untuk menyampaikan informasi atau pesan, dari pada menggunakan e-mail atau chat.

Anda juga bisa menggunakan gelas berukuran standard dari pada ukuran jumbo atau botol besar sehingga selalu punya alasan untuk mengambil air dari dispenser. Menurut Dr. Levine dari Mayo Clinic, berdiri mampu membakar kalori 3 kali lebih banyak dari pada duduk. Usahakan agar setelah duduk 30 menit salalu berdiri dan berjalan sekitar 2 menit untuk melemaskan tubuh dan melancarkan peredaran darah. Di rumah, Anda bisa membiasakan diri untuk selalu beranjak dari kursi selama iklan, ketika menonton TV.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s