86% Software Microsoft di Indonesia Adalah Bajakan

Presiden Microsoft Indonesia Andreas Diantoro mengatakan produknya menguasai pangsa pasar software di Indonesia sebesar 97 persen. Namun, sebanyak 86 persen pengguna alat elektronik seperti komputer meja, jinjing dan sabak menggunakan Microsoft bajakan atau ilegal.

“Pemakai asli cuma 11 persen,” kata Andreas seusai acara seminar ‘Hak Kekayaan Intelektual untuk Indonesia yang Lebih Baik’, Rabu petang, 7 November 2012. Namun ia tidak bisa berbuat banyak untuk mencegah pembajakan ini.

Andreas mengatakan, ada 5 juta komputer yang terjual pada 2012. Artinya, dari semua itu hanya ada 550 ribu komputer yang menggunakan software Microsoft asli di Indonesia, sementara 4,3 juta menggunakan software ilegal. Angka ini akan semakin besar jika ditambah dengan tahun-tahun sebelumnya.

Microsoft General Manager of Anty Piracy and Intellectual Property Dennis Couto mengatakan Indonesia menjadi negara terbesar ke-11 di dunia yang menyebabkan institusinya kehilangan potensi pendapatan. Harga yang tidak dibayarkan sebesar US$ 1,5 miliar pada 2011.

Laba bersih kuartal III 2012 turun 21 persen dibanding tahun lalu, menjadi US$ 4,5 miliar. Pendapatannya turun 8,0 persen pada periode Juli-September, menjadi US$ 16 miliar dolar.

Gambar

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s