Presiden Obama Makan Siang Dengan Romney

Presiden AS Barrack Obama akan menggelar jamuan makan siang di Gedung Putih bersama Mitt Romney, kandidat Partai Republik yang dia kalahkan dalam pemilihan presiden lalu.

Gedung Putih mengkonfirmasi bahwa pertemuan tatap muka ini akan menjadi yang pertama sejak pemilu 6 November lalu.

Saat malam pemiliha Obama pernah menyatakan bahwa dia akan mengundang mantan Gubernur Massachusetts tersebut untuk membicarakan bagaimana “membawa negara lebih maju”.

Dalam pemilihan lalu keduanya bersaing sengit dalam kampanye yang keras.

Selama 3 kali debat presiden, Obama dan Romney saling menginterupsi dan mencela dengan agresif setiap kebijakan yang diungkapkan keduanya.

Bagaimanapun, mereka sekarang akan bertemu lagi, tapi dalam sebuah jamuan makan di Gedung Putih.

Namun pertemuan ini berlangsung tertutup, media dilarang meliput.

“Hanya dua orang (Obama dan Romney) yang berada di ruangan tersebut dan saya yakin akan menjadi sebuah diskusi yang berguna,” kata juru bicara Gedung Putih Jay Carney kepada wartawan.

Pertemuan ini berlangsung disaat Obama dan Demokrat tengah bernegosiasi dengan anggota kongres dari Republik terkait “jurang fiscal” di anggaran mendatang sebuah kombinasi peningkatan pajak dan pemangkasan belanja pengeluaran yang direncanakan berlaku 1 Januari.

Kebijakan ini sebagian berlangsung pada tahun 2011 dalam kesepakatan untuk mengekang deficit anggaran AS yang menguap, tetapi juga termasuk mencakup pemotongan pajak untuk semua orang Amerika yang diberlakukan saat berakhirnya pemerintahan Bush.

Sewaktu kampanye lalu, Romney meminta pemangkasan anggaran pengeluaran yang dalam, dan pemotongan pajak untuk mengurangi deficit. Sedangkan Obama bersikeras kaum kaya harus membayar pajak lebih banyak.

Meski pertemuan ini dianggap sebagai lobi Obama terkait pembahasan anggaran, tetapi sejak kalah dalam pemilu Romney diketahui jarang tampil di public dan pengamat menilai dia hanya memiliki sedikit pengaruh bagi Republik di kongres.

Gambar

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s