Biaya Produksi iPad

Tablet iPad Mini yang diperkenalkan Apple pada 23 Oktober lalu mulai dijual pada Jumat pekan lalu. Sementara beberapa orang menikmati gadget terbarunya ini, analis dari IHS malah membongkar tablet tersebut.

Dikutip dari situs teknologi AllThingsd, Senin, 5 November 2012, IHS, yang dikenal kerap membongkar dan menganalisis komponen perangkat teknologi, menyimpulkan bahwa satu unit iPad Mini 16 GB Wi-Fi membutuhkan biaya pengadaan material sebesar US$ 188 atau sekitar Rp 1,8 juta. Ini adalah model iPad mini termurah yang dijual Apple dengan banderol harga US$ 329 atau sekitar Rp 3,1 juta.

Komponen yang memakan ongkos paling mahal adalah layar sebesar 7,9 inci yang dibeli dari LG Display seharga US$ 80. Ongkos pengadaan display ini memakan 43 persen total biaya pengadaan material. Layar ini menggunakan teknologi baru, yaitu GF2, yang memungkinkan layar yang lebih tipis dari generasi sebelumnya.

Sementara itu, kawan-tapi-lawan Apple, yaitu Samsung, tetap menjadi produsen cip A5, prosesor yang ditanamkan pada iPad Mini.

Untuk kapasitas penyimpanan, Apple mempercayakannya pada Hynix Semiconductor, perusahaan asal Korea Selatan. Adapun cip memori sebesar US$ 15,5 dibeli dari Elpida dari Jepang. Sementara itu, Cirrus Logic menyediakan cip audio, STMicroelectronics berkontribusi pada akselerometer, dan Broadcom menyediakan cip nirkabel. Terdapat komponen yang tidak bisa diidentifikasi penyedianya oleh IHS, yaitu kamera.

Tablet 7 inci lain yang pernah dibongkar untuk dianalisis adalah Nexus 7 dari Google dan Kindle Fire HD milik Amazon. Sementara iPad Mini memiliki selisih ongkos dan harga jual yang cukup besar, yaitu US$ 141 atau sekitar Rp 1,3 juta, pesaingnya hanya memiliki selisih tipis atas harga jual.

Tablet Nexus 7 versi 16 GB memiliki biaya material sebesar US$ 159,25, dan awalnya dijual dengan harga US$ 249, namun kemudian diturunkan menjadi US$ 199. Sementara itu, dengan ongkos material sebesar US$ 165, Kindle Fire HD 16 GB dijual dengan harga US$ 200.

Berbeda dengan Amazon yang memilih untuk lebih mengedepankan penjualan konten dan software, Apple menggenjot keuntungan dari sektor perangkat keras maupun perangkat lunak.

Gambar

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s