Keunggulan Nexus 7

Kehadiran iPad mini mungkin menjadi berita utama, tapi gadget itu sebenarnya bukan apa-apa jika dibandingkan dengan Nexus 7. Berikut alasan mengapa Nexus 7 mengalahkan iPad mini dengan mudah.

Yang pertama (dan yang paling jelas), produk Apple lebih mahal. Model dasar Nexus 7 dijual dengan harga $129 (setara Rp1,25 juta) — lebih murah daripada iPad Mini versi dasar. Bagi kebanyakan orang, perbedaan tersebut signifikan. Uang tersebut bisa dipakai membeli sebuah hard disk SSD 128GB yang mampu mempercepat kerja komputer Anda, sebuah monitor 21 inci 1080p atau smartphone yang fantastis seperti Droid RAZR M seharga $99 (Rp954,43 ribu). 

Pada konferensi pers peluncuran iPad mini, Marketing SVP Apple, Phil Schiller, mengatakan bahwa iPad Mini dapat menampilkan satu halaman web dengan lebih banyak karena memiliki layar yang lebih besar dan sedikit menggunakan bar navigasi yang terlalu banyak memakan ruang layar. Itu pernyataan bagus, tetapi kenyataannya, layar 1280×800 piksel milik Nexus 7 memiliki lebih banyak piksel dari iPad Mini yang hanya memiliki layar 1024×768 piksel. 

Dengan menempatkan lebih banyak piksel pada layar yang lebih kecil (7-inci vs 7,9 inci), tablet Google memiliki kepadatan layar hingga 215 piksel per inci (ppi), dibandingkan dengan 162 ppi pada iPad mini. Itu berarti, Nexus 7 memiliki gambar yang lebih tajam dan dapat menampilkan video HD dalam resolusi asli.

Anda dapat menggunakan kabel USB untuk mengisi ulang Nexus 7, yang merupakan satu-satunya tablet besar yang menggunakan port micro USB standar untuk pengisian baterai. Di sisi lain, iPad mini menggunakan konektor Lightning milik Apple. Jika kabel Lightning yang disertakan iPad hilang, Anda harus membeli yang baru seharga $20 (Rp190 ribu).

Bagaimana dengan proteksi terhadap anak-anak dari konten berbahaya? Meskipun iPad memungkinkan Anda memblokir beberapa aplikasi bawaan Apple dan membatasi konten, Anda tidak dapat memblokir aplikasi dari pihak ketiga, tidak dapat memonitor apa yang anak Anda lakukan dan tidak dapat membatasi waktu penggunaan mereka. 

Karena sistem operasi Android dalam Nexus 7 memberikan akses lebih besar, ada aplikasi seperti Kytephone, yang menciptakan sebuah ruang terpisah, agar anak-anak Anda hanya dapat menggunakan aplikasi yang telah Anda pilih. Ada juga Funamo, yang menawarkan kepada para orangtua kemampuan untuk memblokir apa saja, mulai dari situs dewasa hingga aplikasi yang berbahaya, serta membatasi waktu anak dalam menggunakan perangkat tersebut.

Nexus 7 adalah salah satu dari sedikit tablet di pasaran sekarang yang memiliki chip Near Field Communications (NFC) tertanam. Dengan NFC pada perangkat tersebut, Anda dapat berbagi kontak atau informasi lainnya dengan perangkat Android yang berbeda hanya dengan menyentuhkan bagian belakang perangkat secara bersamaan. 

Anda juga dipermudah dengan sistem baru pembayaran seperti ISIS dan Google Wallet yang memungkinkan Anda menyentuhkan perangkat Anda pada kasir untuk membayar. Dan generasi baru headphone seperti Sony MDR-1RBT dapat dihubungkan dengan Nexus 7 secara otomatis saat Anda menyentuhkannya ke chip NFC. 

Sementara itu, iPad mini, seperti halnya pada semua produk Apple, tidak memiliki NFC. Mungkin kita akan melihatnya ketika iPad Mini 2 diluncurkan.

Ingin berbagi artikel ini dengan teman-teman Anda di Google atau LinkedIn? Anda tidak akan bisa melakukan itu secara langsung dari Safari, browser bawaan iPad mini. Apple iOS membatasi Anda dari  Facebook dan Twitter. Pada Nexus 7 dan perangkat Android lainnya, ada satu menu berbagi yang berisi semua pilihan Anda dan tersedia dari setiap aplikasi yang diunduh yang mampu berbagi konten.

Jika Anda ingin hidup seperti J.F. Sabastian, ilmuwan “Bladerunner” yang hanya bertemankan robot, iPad dan aplikasi asisten suara Siri-nya memang cocok untuk Anda. Siri akan mengikuti keanehan Anda, memberikan omong kosongnya yang sudah diprogram sebelumnya jika Anda mengajaknya untuk menari atau bertanya yang aneh-aneh. 

Namun, jika Anda punya teman sungguhan dan keluarga untuk diajak bicara, lebih baik Anda menggunakan asisten suara Google Now pada Nexus 7. Ingin tahu film apa yang dibintangi oleh Russell Crowe atau siapa yang menang pertandingan sepak bola? Mengapa tidak menelepon, mengirim SMS atau membuka email? Google Now akan melakukan itu semua, tanpa ada keanehan seperti di Apple.

GambarGambar

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s