Gadget yang Mampu Bertahan Lama

1. Monitor
Walau setiap hari menggunakan laptop, Anda pasti memerlukan tidak hanya satu, melainkan dua monitor berukuran besar di meja kerja Anda. Semakin banyak pikselnya, maka Anda akan semakin produktif, jadi belilah dua monitor dengan resolusi 1080 piksel baik untuk di meja kerja rumah Anda mapun di kantor.

Anda dapat menemukan monitor murah 32 inci dengan layar 1920×1080 piksel seharga $130 (sekitar Rp1,2 juta). Namun, saya merekomendasikan menambah sedikit anggaran menjadi $150 (Rp1,4 juta) atau lebih agar Anda bisa mendapatkan monitor LED.

Atau jika Anda mampu, sediakan $300 (Rp2,8 juta) agar Anda bisa mendapatkan monitor dengan resolusi 1920×1200. Meski mungkin akan muncul lebih banyak monitor dengan teknologi layar sentuh pada tahun depan, monitor yang sekarang akan dapat membantu Anda lebih baik lagi dan harganya tidak akan turun.

2. SSD
Jika Anda tidak menggunakan solid state drive di komputer Anda, berhenti membaca artikel ini dan kirim email permintaan maaf kepada atasan Anda karena telah membuang waktu produktif begitu banyak menunggu hard drive komputer Anda yang lamban dalam memuat berbagai hal.

SSD bukanlah barang yang mahal. Bahkan $200 adalah harga yang murah untuk mendapatkan perbedaan kecepatan antara SSD dan hard drive yang memakan waktu booting begitu lama. Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga.

3. Notebook Windows 7 
Tak lama lagi, banyak pengguna notebook akan mengatakan hal yang sama mengenai notebook dengan Windows 8 mereka yang baru (“Windows tidak seperti dulu lagi”). Meski demikian, sistem operasi Microsoft yang terbaru menawarkan kinerja yang lebih baik serta tampilan yang memberikan banyak kemudahan.

Jika Anda menginginkan komputer personal yang baru, namun dengan tampilan tradisional khas Windows yang tidak memiliki banyak perubahan sejak 1992, maka Anda akan kehabisan waktu. Setelah Windows 8 diluncurkan pada 26 Oktober nanti, banyak notebook yang dirilis setelahnya akan dilengkapi dengan sistem operasi yang baru tersebut. Persediaan Windows 7 akan dikurangi dan dalam waktu dekat Anda akan dapat membeli perangkat dengan Window 8. Jika Anda membeli notebook dengan sistem operasi Windows 7 dan kemudian memutuskan untuk mengupgrade, bersiaplah untuk mengeluarkan sekitar Rp384 ribu.

4. Tablet 7 inci 
Jika Anda menginginkan tablet media murah dengan kemampuan besar, maka Anda sama sekali tidak memerlukan alasan untuk menunggu. Saat ini, Anda dapat membeli tiga tablet media yang mengagumkan, Amazon Kindle Fire HD, Google Nexus 7 atau Barnes and Noble Nook HD dengan harga $199 (Rp 1,9 juta) dengan ukuran yang sedikit lebih lebar, sedangkan iPad Mini berukuran 7,8 inci nampaknya akan diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan.

Tidak satu pun perusahaan tersebut melakukan pembaruan dalam produk andalan mereka lebih dari sekali dalam setahun. Jadi jika Anda membeli sekarang, maka Anda tidak akan melihat versi terbarunya muncul sampai akhir 2013. Bahkan pada saat itu, mereka akan sulit untuk meningkatkan resolusi layar, kecepatan CPU dan daya tahan baterai yang lama yang Anda dapatkan dari produk sekarang. 

Saya juga tidak berharap bahwa harga tablet media premium turun jauh di bawah level di bawah $199 (sekitar Rp1,9 juta), karena perusahaan yang menjual produk-produk tersebut akan mengalami kerugian besar.

5. iPhone 5
Jika Anda penggemar Apple, maka iPhone 5 adalah telepon yang sedang Anda nantikan. Dengan ukuran layar yang lebih besar dan tambahan teknologi 4G LTE, Apple bermaksud menyelesaikan keluhan terhadap perangkatnya yang sebelumnya. Bahkan jika Apple mengganti iPhone 5 pada musim gugur nanti, saya berharap tidak akan ada banyak peningkatan. Perusahaan tersebut cenderung melakukan perubahan besar dalam desainnya setiap dua tahun sekali.

Tetapi jika Anda berminat membeli telepon Android atau Windows Phone, ada sejumlah produk unggulan yang segera diluncurkan — termasuk Nexus generasi terbaru dan Nokia Lumia 920.

6. eReaders
Jika Anda senang membaca pada layar digital, maka sekaranglah waktunya. Antara Barnes & Noble Nook Simple Touch dengan Glowlight dan Amazon Kindle Paperwhite yang turun harga, kini Anda memiliki dua eReaders kelas premium yang fantastis yang mudah lihat dalam sinar matahari yang terang atau di ruangan gelap.

Karena Barnes & Noble dan Amazon baru memperbarui eReader mereka dalam beberapa minggu terakhir, kami tidak berharap adanya model terbaru dalam satu tahun ini. Dan sulit untuk membayangkan fitur tambahan apa yang Anda inginkan dari perangkat bacaan digital yang murah yang belum Anda dapatkan saat ini. 

Suatu hari, perusahaan-perusahaan tersebut dapat mengeluarkan pembaca digital berwarna, tapi untuk saat ini teknologi tersebut masih mahal dan tampak tidak menarik.

7. Printer
Seperti umumnya teknologi saat ini, printer menjadi semakin baik, namun perbedaannya begitu halus bahkan bahkan banyak di antara kita tidak akan menyadarinya. Jika Anda membeli printer dengan kualitas yang layak atau printer memiliki banyak fungsi, maka produk itu akan bertahan setidaknya 5 tahun sebelum ada model baru yang muncul.

Saya memiliki HP Laserjet 5P dari tahun 1997 yang masih bertahan. Kualitas gambar yang Anda dapatkan dari printer dengan kisaran harga saat ini cukup baik untuk mencetak foto berwarna berkualitas tinggi. Saya merekomendasikan untuk membeli printer laser berwarna dibandingkan inkjet.

8. Keyboard
Perubahan besar terakhir dalam teknologi keyboard PC terjadi pada tahun 1994 ketika Microsoft untuk pertama kali menambahkan tombol Windows ke dalam Natural Keyboard-nya dan pabrikan lain pun mengikutinya. Ya, ada sejumlah tampilan inovatif yang telah muncul pada keyboard game selama beberapa tahun terakhir, mulai dari tambahan kunci yang diprogram untuk mengatur tingkat kecerahan layar LCD berwarna seperti pada keyboard Razer’s Deathstalker Ultimates.

Namun, kemajuan tersebut tidak membuat keyboard Anda menjadi ketinggalan zaman. Jika Anda sedang mencari pengalaman mengetik yang lebih baik pada PC Anda, tidak ada alasan untuk menunggu. Saya merekomendasikan model dengan tombol mekanis yang elastis seperti Unicomp Ultra Classic atau Rosewill RK-9100.

9. Hard Drive Eksternal dan USB 
Kemajuan terbesar dalam teknologi penyimpanan eksternal pada beberapa tahun terakhir ini telah memunculkan USB 3.0. Sementara kita lebih sering melihat perangkat penyimpanan yang memiliki kemampuan seperti Thunderbolt pada tahun 2013 dan seterusnya, ada kemungkinan bahwa produk tersebut akan tetap mahal, seperti perangkat penyimpanan produk butik FireWire yang ada saat ini.

Jika saat ini Anda membeli hard drive USB 3.0 atau flash drive, Anda masih akan senang dengan produk tersebut sampai 2014 dan seterusnya. Saya benar-benar berharap bahwa SSD eksternal akan menjadi lebih murah dalam beberapa tahun ke depan, namun produk tersebut tidak akan memiliki harga yang sama harga dengan hard drive eksternal. Sebuah kategori yang relatif baru, hard drive nirkabel, akan terus ditingkatkan dalam beberapa tahun ke depan, tetapi tidak akan mampu menyaingi kecepatan dan kemudahan penggunaan yang ditawarkan oleh perangkat USB 3.0 sederhana.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s