Peremajaan Angkutan Umum

Kemacetan di kota besar seperti DKI Jakarta terus menjadi wacana yang tak terselesaikan. Jumlah pembelian kendaraan yang terus meningkat pun dituding sebagai biang keladi kemacetan. Selain itu juga tidak terpenuhinya jumlah jalan sesuai kebutuhan masyarakat.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pun diharapkan merealisasikan program-programnya terkait hal ini. Di satu sisi, langkah itu pun diharapkan terfokus pada perbaikan angkutan massal sehingga bisa saling mendukung dengan tumbuhnya industri kendaraan bermotor.

“Harapan kami (AISI), angkutan umum sebagai sarana transportasi publik harus dikembangkan sebaik mungkin, atau dibenahi secara baik. Bukan tak mungkin orang yang punya motor atau mobil ikut naik transportasi publik jika dikelola dengan baik. Kemacetan bisa dikurangi,” ujar Gunadi Sindhuwinata, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada jumpa pers Jakarta Motorcycle Show 2012 di Jakarta.

Ia pun berharap agar kebijakan Jokowi ke depan tidak lalu melibas bisnis sepeda motor. Dalam pandangannya, peraturan mengenai angkutan umum yang kemudian menunjang kenyamanan pengguna di DKI Jakarta sebaiknya menjadi perhatian.

Hal ini pun sesuai dengan rumor yang beredar bahwa Jokowi bersama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kelak akan memperbaiki sistem kerja pengendara. Di antaranya dengan meniadakan sistem sewa yang membuat mereka berebut penumpang, melalui sistem gaji yang disebut punya besaran angka Rp 3 juta-Rp 5 juta.

“Misalnya bisa dilihat, di stasiun kereta, bus akan banyak motor atau mobil yang parkir, manusianya naik transportasi massal. Saya kira kalau transportasi massalnya berkembang baik, maka penjualan motor atau mobil saya yakin juga akan lebih baik,” harap Gunadi.

Ia pun memandang bahwa hasil positif dari membaiknya transportasi massal. “Pada akhirnya masyarakat akan menikmati sisi positifnya pertumbuhan sepeda motor dan transportasi publik yang baik,” ucapnya.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s