Pengunduran Diri Massal

Kabinet Jepang mengundurkan diri secara massal pada Senin, akibat perombakan yang dilakukan oleh Perdana Menteri Yoshihiko Noda saat ia berusaha memperbaiki hubungan dengan China dan menaikkan popularitasnya yang mengalami penurunan.

 

“Hari ini dalam pertemuan kabinet khusus, perdana menteri mengatakan kepada kami bahwa ia akan melakukan perombakan kabinet,” ujar kepala juru bicara pemerintah Osamu Fujimura kepada wartawan. “Pengunduran diri dari semua menteri kabinet telah dikumpulkan.” 

 

Perombakan tersebut secara luas disiarkan oleh media Jepang, dan muncul saat popularitas perdana menteri tersebut terpuruk setelah pertempuran terkait undang-undang untuk melipat gandakan pajak penjualan.

 

Langkah itu juga muncul saat Tokyo terlibat dalam perselisihan dengan Beijing atas kedaulatan sekelompok pulau di Laut China Timur, yang dikenal sebagai Senkakus di Jepang dan Diaoyus di China.

 

Sejumlah surat kabar mengatakan bahwa Noda diperkirakan akan mengangkat Makiko Tanaka ke dalam kabinetnya, seorang wanita pro-Beijing yang mencerminkan status ayahnya sebagai perdana menteri yang mengharmoniskan hubungan dengan China pada 1972.

 

Fujimura mengatakan bahwa perdana menteri tersebut akan bertemu dengan para pemimpin senior dari Partai Demokrat Jepang pada malam harinya, dan mengadakan konferensi pers tidak lama setelah itu, yang diperkirakan akan menjadi momen diumumkannya kabinetnya tersebut.

Gambar

Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s