Wilayah Indonesia Rawan Bencana

Kepala Badan Naaional Penanggulangan Bencana (BNPB), Syamsul Maarif, mengingatkan masyarakat mengenai ancaman bencana alam di wilayah Indonesia, menjelang akhir tahun.

“Sebanyak 80 persen wilayah Indonesia rawan bencana ditambah lagi dengan perubahan cuaca,” ujarnya seusai rapat kerja bersama Komisi VIII DPR di Jakarta, Senin 8 Oktober 2012.

Ia menyebutkan beberapa wilayah yang rawan tersebut, salah satunya adalah Gunung Lokon, di Sulawesi Utara. “Sejak September lalu sampai hari ini sudah ada 41 kali letusan. Kami sudah menyiapkan evakuasi,” Syamsul mengatakan.

Menurut dia, bantuan berupa masker, tenda, makanan, serta obat-obatan sudah disalurkan. Sementara sisanya telah disiapkan di Bandara Sam Ratulangi, Manado.

Wilayah berikutnya adalah sekitar dam Way Ela di Ambon, Maluku. Syamsul mengatakan, sudah ada 38 titik rembesan yang mengancam 4.000 warga yang tinggal di sekitarnya. “Kalau tidak segera ditangani, saya khawatir akan ada kejadian seperti Situ Gintung seperti beberapa tahun lalu,” ia mengatakan.

Besok, Selasa 8 Oktober, pihaknya berangkat meninjau Way Ela untuk mempersiapkan pencegahan banjir. “Kami bersama dengan Dirjen Kementerian Kesehatan, Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Kementerian Sosial, Kementerian Dalam Negeri, TNI, dan Polri untuk meninjau ke lokasi,” kata Syamsul.

Sedangkan di Pulau Jawa, daerah yang rawan bencana adalah yang dilewati oleh aliran Sungai Bengawan Solo. “Kalau meluap, ancamannya mencapai 16 kabupaten,” ujar Syamsul. Ia menambahkan, BNPB telah berkoordinasi dengan Pemda dan BNPB Daerah untuk upaya penanganan bencana.

 

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s