Ahli Teknik Sipil Dunia

Universitas Gadjah Mada mengadakan konferensi internasional yang akan membahas perkembangan bidang teknik sipil.

Bekerjasama dengan Hokkaido University Jepang dan Karlsruhe Institute of Technology (KIT) Jerman, konferensi ini rencananya berlangsung selama 11-13 September 2012.

Konferensi bertajuk ‘Sustainable Civil Engineering Structures and Construction Materials’ tersebut mengundang 150-an pakar teknik sipil dari berbagai belahan dunia. Konferensi ini mempresentasikan 70 makalah yang ditulis oleh 25 pakar teknik sipil dari Indonesia dan 13 ahli di bidang ini dari Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Jerman,Taiwan, Thailand, dan Singapura.

Ketua panitia konferensi, Bambang Suhendro mengatakan pertemuan pakar teknik sipil dari berbagai negara bertujuan menghasilkan sejumlah solusi alternatif yang mendukung pembangunan infrastruktur yang memiliki ketahanan prima dan ramah lingkungan.

Menurut dia, tema konferensi ini sesuai dengan agenda proyek pengembangan infrastruktur di Indonesia yang dikerjakan dalam desain pembangunan berkelanjutan. “Problem utama Indonesia di bidang ini masih pada aspek keramahan pada lingkungan,” kata Bambang.

Menurut dia proyek infrastruktur di Indonesia masih sering melupakan aspek ramah lingkungan baik dari segi desain, konstruksi dan pemeliharaan. Perspektif berkelanjutan pada pembangunan sarana fisik di dalam negeri juga baru diakomodasi sebagian kecil proyek saja. “Padahal sumber daya pakar teknik sipil berlimpah di Indonesia,” ujar dia.

Bambang menambahkan, konferensi tersebut akan merumuskan sejumlah rekomendasi terhadap perkembangan bidang rekayasa struktur sipil. Dia juga berharap pakar-pakar teknik sipil yang hadir juga memaparkan perkembangan riset terbaru mengenai bahan konstruksi dengan ketahanan optimal sehingga mendukung agenda pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

 Gambar

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s