Mengatasi Dak Bocor

Dak merupakan bidang datar yang berpotensi tergenang air jika system pembuatannya tidak benar. Jika genangan ini selalu terjadi di saat hujan, air pun merembes masuk ke dalam pori-pori beton.

            Penyebabnya adalah bidang atap terlalu datar dan kemiringan yang disyaratkan kurang. Bisa juga terjadi karena ada sampah yang menutup jalur pembuangan air.

            Untuk menanggulangi kebocoran, yang harus dilakukan adalah menambalnya dengan waterproofing dua komponen. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Amati bidang kemiringan atap, setidaknya ibutuhkan kemiringan 10% yang mengarah pada jalur pembuangan air. Buat ketrikan di beberapa tempat, lalu tutup dengan adukan atau semen instan sesuai kemiringan yang disyaratkan agar air bisa lancar mengarah ke lubang pembuangan.
  2. Lapisi dengan waterproofing dua komponen yaitu terdiri dari bubuk dan cairan yang dicampur sesuai aturan pakai hingga membentuk pasta.
  3. Jalur pembuangan air yag ditutup floor drain sebaiknya diganti dengan roof drain yang berfungsi sebagai penahan sampah dan kotoran dari luar sebelum air masuk ke jalur pembuangan. Roof drain yang beredar di pasaran ukuran 4 inch.

Gambar

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s