Dari Teknologi Hingga Tembok Tak Berujung

Sebut saja diantaranya The Great Wall atau dikenal Tembok Besar China. Bangunan ini merupakan bangunan terpanjang buatan manusia yang terdiri dari dinding dan banteng. Pada zaman Kaisar Qin Shi Huang, bangunan ini digunakan sebagai penangkal serangan kaum barbar. Karena keunikannya, bangunan ini termasuk salah satu dari tujuh keajaiban dunia dalam daftar situs Warisan Dunia UNESCO. Salah satu tempat terbaik untuk menyimak tembok spektakuler ini adalah di Badaling, sekitar 80 kilometer barat laut Beijing.

            Selain Forbidden City yang menjadi “tujuan wajib” Beijing, istana kaisar China terbesar kedua yang layak dikunjungi adalah Palace Museum di Shenyang di Provinsi Liaoning. Sementara itu, beralih ke Provinsi Jilin, jangan lupa mengunjungi Wei Palace, dan Culture Square. Perjalanan wisata di China dapat dilanjutkan ke Harbin untuk menghampiri Sun Island Snow Sculpture, pulau bukit pasir di Heilong Jiang untuk menyaksikan seni pahatan es yang diadakan setahun sekali, dan Zhaolin Park untuk melihat Ice Lantern yang begitu indah dan menarik.

            Tujujan berikutnya adalah Nanjing. Kota ini menyimpan warisan budaya dunia yang dikenal dengan nama Fujian Tulou, rumah yang sangat besar dengan beragam bentuk yang dijadikan tempat tinggal masyarakat Suku Hakka dari berbagai generasi. Oleh karena itu bangunan ini juga dikenal dengan nama Hakka Building. Bangunan berbentuk bulat, kotak, dan persegi panjang yang terdiri dari lima sampai enam lantai ini terbagi menjadi ribuan ruangan yang ditempati oleh ribuan keluarga yang masih merupakan satu keturunan.

            Nanning. Nama ini sudah tidak asing bagi banyak wisatawan yang berkunjung ke China. Kota ini merupakan ibukota daerah otonomi Zhuang Guangxi (setingkat provinsi) yang mendapat julukan “Little Hongkong” karena merupakan pusat belanja khas yang murah meriah. Beragam produk local yang murah hingga berkualitas internasional dapat dijumpai di sini. Terdapat sejumlah pusat perbelanjaan pilihan diantaranya Wan Da Shopping Mall dengan Wallmart Hypermart, Parkson Mall, dan Yufeng Mall.

            Guilin. Kota ini dikembangkan sebagai kota pariwisata berbasis masyarakat dan lingkungan yang berkesinambungan. Menyusuri Sungai Li yang terdapat di tempat ini sembari menikmati pemandangan alam yang permai akan menambah sensasi mendalam selama berwisata. Selain itu, terdapat gua Crystal Palace yang cukup unik karena stalaktit dan stalagmite yang mengandung Kristal.

            Tempat unik lainnya, seperti Bama yang masih tergolong baru untuk tujuan wisata ternyata juga menyimpan hal yang sulit dijumpai di tempat atau negara lainnya. Desa yang tenang ini dikenal sebagai salah satu desa yang memiliki jumlah penduduk berusia panjang terbanyak di dunia. Dengan penduduk sekitar 250 ribu orang, sekitar 81 orang penduduk berusia di atas 100 tahun. Adapun rahasia umur panjang tersebut karena ion negative oksigen yang sangat tinggi, sumber air minum mengandung mineral yang membuat tubuh bertambah sehat, serta menu makanan dan gaya hidup.

            Atraksi menarik lainnya disajikan Zhongyang Avenue. Dengan menyusuri jalan ini, wisatawan dipertontonkan bangunan-bangunan etnik Eropa. Masih ada lagi sederet tempat menarik yang tak boleh terlewat, seperti Huine Stones Cultural Park di Xiamen yang merupakan taman batu yang berisi pahatan dari berbagai dinasti, Sophia’s Cathedral, gereja tua dan unik bergaya khas Rusia, The Forbidden City, dan Confucius Temple. Bagi pencinta belanja, Wangfujing Street yang terletak di Beijing adalah salah satu tempat yang banyak diminati wisatawan untuk berbelanja.

            Bergeser ke Tibet. Di sana terdapat Istana Potala yang merupakan bangunan bertingkat terbesar di Tibet yang terletak di bukit merah, pusat kota Lhasa. Inilah sebabnya bangunan yang mulai dibangun pada abad ke-7 dan sekaligus pusat politik ini disebut juga sebagai Istana Bukit Merah. Disayangkan bila tidak menyambangi Mount Everest Base Camp dan mampir ke Namtso Lake yang rupawan.

            Tak hanya China, Taiwan sebagai salah satu pemasok barang berteknologi ke Indonesia menyimpan beragam potensi alam serta atraksi wisata yang layak dijadikan tujuan wisata yang layak dijadikan tujuan wisata. Salah satu negara di Asia Timur ini memiliki alam mempesona berupa pegunungan, lembah, danau, serta kebudayaan menarik yang merupakan sajian menakjubkan dan memiliki daya tarik tersendiri.

            Sun Moon Lake, misalnya, danau yang terletak di kota Yuchih Nantou ini merupakan danau terbesar di Taiwan. Dinamakan Sun Moon Lake karena danau yang memiliki pegunungan mempesona ini dibagi oleh pulau kecil pada bagian timur yang berbentuk bulat seperti matahari dan sisi barat berbentuk bulan sabit. Untuk menuju danau ini, anda dapat menggunakan cable car yang melintasi gunung dengan pemandangan yang elok di atas ketinggian kira-kira 2.500 kaki.

Akan lebih mempesona bila pengunjung berjalan menyusuri sepanjang pesisir atau menunggangi sepeda mengitari danau dan merasakan kedamaian alam yang tersimpan. Pilihan lainnya dengan naik perahu untuk merasakan desiran angin dan ombak kecil, dan menikmati sensasi dari sebuah perairan dan pegunungan.

            Tempat yang tidak kalah menariknya adalah Taroko Gorges yang dikenal dengan Grand Canyon of Asia di Kota Hualien. Obyek wisata sepanjang 19 kilometer ini terdiri dari perbukitan, gua-gua, serta lembah yang merupakan pemandangan alam dengan daya pikat tersendiri.

            Sedert tempat wisata unik lainnya masih dapat dijumpai, seperti museum bahar National Museum of Marine Biology and Aquarium. Walaupun daerah ini relative jarang dikunjungi, dengan menyapa daerah ini akan memperkaya pengetahuan dan wawasan para wisatawan.

            Selain itu, terdapat Chiang Kai Shek Memorial Hall yang merupakan gedung peringatan terhadap mendiang bapak pendiri negara tersebut. Tempat ini merupakan salah satu obyek wisata terpopuler di Taipei. Selain itu, kunjungi pula National Palace Museum dengan koleksi barang etnik yang beragam, Formosan Aboriginal Culture Village yang merupakan theme park  dan taman bermain sekaligus memperkenalkan suku dan budaya asli penduduk Taiwan.

Gambar

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s