6 Makanan Pembuat Bahagia

Karbohidrat dengan indeks gula rendah 
Karbohidrat sangat penting bagi penyerapan serotonin, yang merupakan zat kimia dalam otak yang berfungsi menimbulkan perasaan senang, tenang dan santai. Penelitian menunjukkan, karbohidrat dengan indeks gula rendah dan yang lambat melepaskan energi seperti roti gandum utuh, sereal, oatmeal, beras dan gandum sangat bermanfaat karena mereka tidak hanya merangsang serotonin, tapi juga mencegah perubahan perasaan yang sering dengan menjaga tingkat energi secara konstan sepanjang hari.

Daging kalkun atau ayam
Kalkun dan ayam bersama dengan makanan lain yang kaya akan protein seperti ikan, buncis, kacang-kacangan dan segala macam biji-bijian, mengandung zat triptofan, yang merupakan sebuah asam amino esensial untuk memproduksi hormon yang berkaitan dengan perasaan senang atau serotonin.

Minyak ikan
Rendahnya tingkat asam lemak omega tiga dalam tubuh dapat memicu menurunnya suasana hati dan meningkatkan kerentanan terhadap depresi, oleh karena itu perbanyak konsumsi ikan tuna segar (bukan kalengan), salmon, trout, mackerel, sarden, alpukat, kacang-kacangan, biji dan minyak seperti rami dan biji rami. Makanan-makanan tersebut kaya akan asam lemak Omega-3 dan dengan mengonsumsinya secara teratur terbukti akan meningkatkan perasaan bahagia kita secara signifikan.

Air
Dehidrasi dapat menjadi penyebab utama kelelahan dan dengan karena rasa lelah tersebut maka kita akan cenderung mudah marah dan suasana hati menjadi buruk. Jadi pastikan Anda meminum sedikitnya dua liter air sehari. Jika air putih tidak berpengaruh terhadap rasa lelah Anda, maka cobalah untuk membuat jus buah segar atau tambahkan sedikit perasa dalam bentuk mint segar atau lemon dengan es yang banyak.

Buah dan sayuran
Kekurangan vitamin dan mineral meskipun dalam jumlah  yang kecil dapat berpengaruh besar terhadap perasaan Anda, maka tidak mengherankan dalam sebuah survei pada lebih dari 200 orang, lebih dari 78 persen orang menemukan bahwa ketika mereka memasukkan buah dan sayuran ke dalam menu diet mereka maka suasana hati mereka cenderung membaik.

Gandum utuh
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan dengan asupan serat tinggi, terutama yang mengandung gandum utuh seperti roti gandum, sereal, gandum, barley, beras merah dan oatmeal akan mengurangi perasaan buruk mereka, mengurangi susah tidur dan mengurangi tingkat depresi mereka dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi makanan rendah serat. 

Para ahli percaya bahwa peran serat sangat penting untuk menjaga tekanan gula darah agar tetap stabil dan tingkat energi tetap tinggi ditambah penambahan vitamin (terutama vitamin B yang mampu mengurangi stres).

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s