Canon EOS-M

Canon mengakhiri rumor berkepanjangan dengan mengumumkan kehadiran kamera mirrorless (atau sering juga disebut CSC, compact system camera) pertama mereka, yakni Canon EOS-M yang mengusung mount lensa baru, EF-M.

Seperti kamera mirrorless lainnya, Canon EOS-M hadir dengan ukuran yang hanya sedikit lebih besar dari kamera saku kebanyakan dan tidak ada viewfinder/lubang intip optikal. Sebagai gantinya, tersedia layar sentuh LCD kapasitif berukuran 3 inci dengan tingkat kerapatan 1 juta pixel. Canon EOS-M juga merupakan kamera digital pertama dengan layar yang telah mendukung multi-touch. Untuk lampu kilat, tidak ada flash internal. Anda harus menancapkan flash eksternal.

Canon EOS-M hadir dengan spesifikasi yang setali tiga uang dengan kamera DSLR Canon EOS 650D. Sensor APS-C Hybrid CMOS beresolusi 18 MP dengan dukungan prosesor Canon DIGIC 5 yang digunakan di 650D juga diandalkan di EOS-M untuk menghasilkan foto yang tajam dan berkualitas. Sistem autofokus Hybrid CMOS AF dari 650D juga digunakan di sini. Anda bisa memilih autofokus 31 titik otomatis, face detection/tracking dan AF satu titik biasa.

Tidak hanya itu saja, Canon EOS-M juga dilengkapi dengan fitur-fitur Canon terbaru yang sama seperti kamera DSLR Canon terbaru, EOS 650D. Seperti misalnya Handheld Night Scene, HDR Backlight Control, dan Multi Shot Noise Reduction untuk menekan munculnyna noise yang mengganggu saat pemotretan dalam kondisi minim cahaya.

Anda dapat menggunakannya untuk merekam video berkualitas Full HD dengan suara stereo. Dan bagi Anda yang gemar bereksplorasi dengan pengambilan foto, Canon EOS-M juga telah dilengkapi dengan fitur kreatif seperti Toy Camera Effect, Grainy B&W, dan Fish Eye. Daya tahan baterainya yang mencapai 230 jepretan, sedikit di atas kamera saku tapi agak jauh di bawah rata-rata daya tahan baterai kamera DSLR kelas pemula.

Bersamaan dengan dirilisnya Canon EOS-M, Canon juga menghadirkan lensa dan aksesoris pelengkapnya. Ada dua buah lensa baru untuk EOS-M yaitu Canon EF-M 22mm f/2 STM pancake dan Canon EF-M 18-55mm f/3.5-5.6 IS STM, flash Canon Speedlite 90EX dan lensa adapter EF-EOS M agar Anda dapat menggunakan lensa EF dan EF-S di kamera ini.

Canon EOS-M hadir dalam 4 pilihan warna yang trendi seperti hitam, putih, merah dan perak. Untuk harga, Canon akan memasarkannya di harga $ 799.99  atau sekitar Rp 7,5 juta, untuk paket dengan lensa 22mm. Untuk lensa Canon EF-M 18-55mm f/3.5-5.6 IS STM dibanderol dengan harga $ 299, Canon Speedlite 90EX US$ 149 dan lensa adapter EF-EOS M seharga $ 199. 

Rencananya EOS-M baru akan dipasarkan mulai bulan Oktober 2012.

GambarGambar

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s