Merah Putih di Puncak Everest

Sang Merah Putih akhirnya berkibar di Puncak Everest yang terletak di ketinggian 8.848 mdpl setelah Tim Ekspedisi Tujuh Puncak Dunia (Seven Summits) yang melalui jalur utara yaitu Tibet berhasil mencapai puncak, Sabtu. 

Dua pendaki dari Wanadri yaitu Iwan Irawan dan Nurhuda mencapai puncak itu yang termasuk dalam rangkaian ekspedisi tujuh puncak dunia ini sekitar pukul 07.49 waktu setempat, Sabtu. Kedua pendaki ini tiba di puncak sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. 

Untuk mencapai puncak yang juga dikenal dengan sebutan Puncak Sagarmatha ini, para pendaki membutuhkan tahapan yang panjang. Selain itu juga harus terus melakukan koordinasi dengan pemandu yang telah mengawal sejak proses pendakian. 

Dari dua pendaki Wanadri itu, orang yang pertama mencapai Puncak Everest adalah Iwan Irawan dan disusul oleh Nurhuda serta diikuti pendaki asal Swedia, Peter, kemudian setelah mereka, para pemandu (sherpa) yakni Chirring, Tashi dan Lakpa menyusul mencapai puncak tertinggi dunia itu. 

“Alhamdulillah. Allahu Akbar. Merah Putih berkibar kembali di Puncak Everest melalui jalur utara,” kata Ketua I Tim Ekspedisi Tujuh Puncak Dunia, Ipong Witono, melalui pesan layanan singkat. 

Selain melalui jalur utara, pendakian oleh Wanadri juga dilakukan melalui jalur selatan yaitu melalui Nepal. Pendakian juga dilakukan oleh dua pendaki yaitu Ardeshir Yaftebbi dan Fadjri Al Luthfi serta didukung oleh tim pemandu. 

“Terima kasih atas doa, kerjasama dan bimbingannya. Semoga besok, Minggu (20/5) tim pendaki jalur selatan (Nepal) mencapai puncak. Semoga mereka selalu mendapat keridhoan-Mu Tuhan hingga kembali ke Tanah Air,” kata Ipong menambahkan. 

Dengan mampu mencapai puncak tertinggi di dunia ini serta menancapkan Bendera Merah Putih, para pendaki ini layak disebut “Seven Summiters” yakni sebutan bagi pendaki yang sukses mencapai tujuh puncak dunia. Sebutan ini merupakan idaman bagi seorang pendaki gunung di seluruh dunia. 

Sebelumnya pendaki dari Wanadri ini telah mendaki enam puncak tertinggi di enam benua yaitu Puncak Ndugu-Ndugu atau Cartenz Pyramid (4.884 mdpl) di Papua, Puncak Kilimanjaro (5.895 mdpl) di Tanzania, Puncak Elbruz (5.642 mdpl) di Rusia. 

Selanjutnya mereka melakukan pendakian Puncak Aconcagua (6.962 mdpl) di Argentina, namun ada satu pendaki yaitu Gina Afriani gagal sampai puncak. Setelah itu dilanjutkan ke Puncak Denali/Mc Kinley (6.194 mdpl) di Alaska dan Puncak Vinson Massif (4.897 mdpl) di Antartika.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s