Enam Makanan Pemicu Gemuk

Terdapat bertumpuk alasan, mulai dari rasa bosan dan kesepian yang menyebabkan stres, kepercayaan diri yang rendah dan kebiasaan buruk. Selain itu, terdapat pula beberapa pemicu makan terlalu banyak yang belum banyak diketahui orang. Antara lain:

1. Penerangan
Menurut peneliti dari University of California, orang akan makan lebih banyak di ruangan redup ketimbang terang. Jadi terangilah ruangan Anda, sibakkan semua gorden dan kurangi makan malam romantis di bawah temaram lilin bersama kekasih.

2. Penyimpanan
Menurut Professor Wansink, penulis “Mindless Eating: Why We Eat More Than We Think”, pemilihan tempat penyimpanan makanan sangat berpengaruh terhadap berat badan kita. Makanan yang mudah dilihat dan diraih lebih besar kemungkinan dimakan ketimbang yang diletakkan di rak belakang kulkas. Jadi tempatkanlah buah di tengah meja makan Anda dan selalu pastikan membawa sebotol air putih di tas atau mobil.

3. Warna
Percaya atau tidak, sesuatu yang sederhana seperti warna dapat berpengaruh besar terhadap nafsu makan. Peneliti di University of Winnipeg menemukan, dengan menggunakan piring berwarna biru atau taplak meja berwarna biru secara otomatis akan mengurangi jumlah konsumsi Anda, dan makan di ruangan yang dicat biru akan mengurangi konsumsi kalori Anda sampai sepertiga lebih.

4. Gelas

Di pub, bar restoran dan bahkan rumah kita sendiri, gelas wine sekarang berkembang menjadi lebih besar. Dulunya kebanyakan gelas wine dirancang untuk menyajikan 125 ml wine. Sekarang, tren yang berkembang membuat gelasnya menjadi lebih besar yang menyajikan 250 ml — itu seperempat liter atau sepertiga botol.

Professor Wansink juga menyebutkan bahwa gelas yang pendek dan tebal dapat membuat kita minum lebih banyak daripada gelas yang tipis, jadi waspadalah.

5. TV
Anda ingin kehilangan lemak tubuh tanpa harus berdiet? Anda bisa melakukannya. Tinggal mematikan TV ketika makan. Peneliti di Cornell University mengatakan, makan di depan TV membuat tubuh tidak menyadari ketika kalori yang diperlukan sudah tercukupi. Jadinya, kita makan lebih banyak dari seharusnya.

6. Peralatan Makan

Sesuatu yang sangat sederhana, seperti mengganti piring Anda dengan yang lebih kecil, dapat membuat perubahan yang sangat besar di ukuran pinggang. Penelitian menunjukkan, kita makan sebanyak yang mata kita lihat jadi kita akan merasa kenyang dengan makan di piring kecil sama dengan kenyang dari makan di piring besar.

Hal yang sama berlaku juga untuk sendok yang Anda gunakan. satu penelitian menunjukan bahwa menggunakan sendok teh daripada sendok makan akan membuat Anda secara otomatis mengonsumsi kalori 14 persen lebih sedikit.

Image

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s