Agar Tidak Stres

Temukan sumber stres
Anda stres karena pekerjaan menumpuk, atau kurang waktu bersama keluarga? Temukanlah dengan cepat apa yang menjadi sumber stres. Jika pekerjaan terlalu banyak, Anda bisa membuat daftar prioritas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Membuat jadwal juga bisa membuat manajemen waktu Anda lebih baik, sehingga pekerjaan tidak menumpuk. Jika memang Anda sudah merasa terlalu letih, tak ada salahnya untuk mengambil cuti sejenak dan mengistirahatkan otak dan fisik Anda.

Ubah gaya hidup
Sudah banyak penelitian yang mengungkap bahwa gaya hidup yang sehat dapat mengurangi stres. Sempatkan diri untuk berolahraga di sela-sela kesibukan. Makanlah makanan yang bergizi. Kurangi kebiasaan minum alkohol atau merokok, karena dua hal tadi membuat stres Anda semakin parah.

Tidur cukup
Kurang tidur dapat memperparah tingkat stres. Pastikan waktu tidur Anda mencapai 5-6 jam sehari. Saat tidur cukup, badan akan menjadi segar, otak pun kembali prima. Anda juga siap menjalani berbagai tantangan dalam pekerjaan.

Berbicara pada atasan
Jika memang jumlah pekerjaan dan tanggung jawab Anda sudah tak masuk akal dan berlebihan, ada baiknya untuk membicarakan hal ini pada atasan. Mungkin atasan bisa memberi jalan keluar, misalnya mendelegasikan sebagian tugas ke rekan kerja yang lain. Jangan sampai beban kerja yang berlebihan membuat Anda sakit baik dari segi fisik maupun mental.

Analisa jenis pekerjaan

Jika semua hal di atas sudah dilakukan namun Anda masih mengalami stres berat, coba analisa kemauan sserta kemampuan Anda. Mungkin saja bidang kerja yang selama ini Anda lakukan bukan profesi yang cocok dengan kemauan dan kemampuan Anda. Konsultasikan juga hal ini dengan bagian personalia di kantor. Mungkin saja Anda bisa ditempatkan di bidang lain yang lebih sesuai.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s