Airbus Jadi Nomor Satu

Tiga tahun berturut-turut, pabrik Eropa ini menerima jumlah pesanan yang mengungguli pesanan untuk pabrik AS. Pada Farnborough Airshow 2010 di Inggris meski selisihnya tidak mencolok, tercatat Airbus menerima 10 pesanan baru senilai 13 miliar dollar AS, pabrik AS hanya 103 pesanan senilai lebih dari 10 miliar dollar AS. Tahun 2009 Boeing tercatat terima 142 pesanan, sedang Airbus 271 pesanan.

Bila kita lihat pesanan yang diterima kedua pabrik pesawat terbang selama 10 tahun (2000-2010), jelas persaingan antarkedua perusahaan ini sangat ketat sekali. Pesanan terbanyak diterima pada tahun 2007, Airbus 1.341 pesanan dan Boeing  1.413 pesanan. Secara spektakuler produksi Airbus dua tahun berikutnya, mengungguli Boeing serta coup de grace-nya Juni 2011 di pameran akbar Paris Airshow di Bandar Udara Le Bourget.

Dimana kelebihan Airbus menyaingi Boeing? Kuncinya pada tahun 2011, produk terbarunya A320neo pesawat modifikasi dari pesawat terlarisnya A320 yang dipasang mesin teknologi terbaru fan drive gear system yang irit bahan bakar 15 persen, sedikit perubahan pada sayap dan ujungnya diberi sirip “hiu” sharklet, terbang lebih jauh serta kapasitas angkut lebih banyak dari A320. Sebanyak 667 unit neo dipesan di Le Bourget, 200 unit diantaranya dari AirAsia, yakni pesanan terbesar dalam sejarah penerbangan untuk satu pesawat. Maskapai ini menambah lagi pesanannya sebanyak 100 A320neo awal Juli lalu menjadikan genap 300 unit, sekaligus mencerminkan bahwa pasar sudah bergeser ke belahan kawasan Asia.

Pabrik Eropa ini inovatif dan jeli melihat peluang serta yakin produk yang ditawarkan akan dibeli perusahaan penerbangan dunia.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s