Alasan Larangan Mengaktifkan Ponsel di Dalam Pesawat Terbang

Kenapa sih menggunakan handphone atau perangkat lainnya di pesawat itu dilarang? Mari kita simak alasannya! Handphone yang aktif di dalam pesawat terbang dapat mengganggu kendali/navigasi pesawat, akibatnya pesawat beserta seluruh penumpang dan awak pesawat terancam keselamatannya.

Pada masa sekarang, naik pesawat bukanlah milik orang yang berkantong tebal karena tariff relative murah dan seiring kemajuan teknologi, orang dapat berkomunikasi dengan mudah, cepat, kapan saja, di mana saja, termasuk di dalam pesawat terbang.

Apa hubungan handphone dengan peswat terbang?

Kedua-duanya adalah alat dan mesin berteknologi tinggi dan keduanya pula memiliki hubungan yang kontroversi. Kendali/navigasi pesawat menggunakan serangkaian alat elektronik digital yang sangat sensitive terhadap frekuensi gelombang radio, sedangkan handphone mengeluarkan/menerima gelombang radio yang sangat kuat.

Sebuah handphone yang sedang aktif dan transmit saat posisi terbang pada ketinggian 35.000 kaki sanggup menembus jarak radius 35 km di bawah pesawat.

Hukum apa yang patut dituduhkan bagi pengguna handphone di dalam pesawat?

1.      Dapat membahayakan keselamatan umum dan menggaunggu kenyamanan umum, (Dasar Peraturan FAA (Federal Aviation Administration)), pada radius 35 km terdapat ± 600 BTS), itu artinya disamping mengganggu sistem kemudi dan navigasi pesawat, juga mengganggu BTS yang mampu menjangkau.

2.      Melanggar etika penggunaan handphone

Bagaimana kita menyikapi hal ini:

1.      Pastikan handphone dimatikan saat menyimpan dalam kopor bagasi

2.      Matikan handphone ketika akan memasuki ruang pesawat

3.      Bersabarlah, bahwa semua orang tahu kita memiliki handphone, kita orang penting dan bergegas untuk menaiki mobil jemputan

4.      Handphone dihidupkan saat memasuki gedung terminal.

Berikut contoh kasus yang telah terjadi akibat ganguan hanphone dan alat elektronik lainnya terhadap pesawat terbang:

1.      Pesawat CROSSAIR nomor penerbangan LX498 selepas lepas landas dari Bandara Zurich, Swiss mengalami gangguan kemudi, menukik dan jatuh menewaskan 10 penumpang.

2.      Pesawat SLOVENIA AIR menuju Sarajevo, mendarat darurat karena handphone aktif di bagasi mengganggu navigasi (alarm kokpit)

3.      Pesawat 747 QANTAS saat akan mendarat (Final Approach) di Bandara Heathrow, London, tiba-tiba miring dan mendaki setinggi 700 kaki karena 2 CD player, electric game pada posisi aktif

4.      Seorang tentara Arab berpangkat kapten dihukum cambuk 70 kali karena mengaktifkan handphone di dalam pesawat

5.      Seorang penumpang Inggris dihukum penjara karena menolak permintaan pramugari British Airways untuk menonaktifkan handphone

Berikut gangguan handphone dalam bentuk-bentuk lain:

  • OR (VHF Omnidirection Receiver) tidak terdengar
  • Arah terbang melenceng
  • Indicator HIS (Horizontal Situational Indicator) terganggu
  • Gangguan sistem navigasi
  • Gangguan frekuensi komunikasi
  • Gangguan indicator bahan bakar
  • Gangguan sistem kemudi otomatis
  • Gangguan arah kompas (karena computer, CD, dan electronic game)
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

4 Balasan ke Alasan Larangan Mengaktifkan Ponsel di Dalam Pesawat Terbang

  1. siska ero berkata:

    apa kah penumpang kita sudah pada sadar akan bahaya yg sibebabkan oleh hp saat di dalam pesawat terbang…..??

  2. Agung berkata:

    gimana dengan sukhoi super jet 100 yg jatuh di gunung salak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s