Gundukan Makam Raksasa

Sebuah makam di Kota Sakai, Jepang, begitu panjang dan begitu tinggi sehingga mirip kuburan raksasa. Panjangnya lima kali panjang lapangan sepak bola dan tingginya sama dengan gedung brtingkat sepuluh. Namun makam ini bukanlah kuburan raksasa, melainkan tempat peristirahatan terakhir Kaisar Nintoku yang memerintah Jepang lebih dari seribu tahun yang lalu.

Konon pada suatu ketika, pada masa pemerintahannya, Kaisar Nintoku tidak melihat kepulan asap dari tungku rakyatnya. Maka ia tidak menarik pajak selama tiga tahun. Ia pun memerintahkan agar dibangun tanggul untuk melindungi tanah pertanian  dari banjir. Setelah itu dibuat kanal-kanal, dan perdagangan pun digalakkannya.

Nintoku hidup sampai tua. Ketika wafat ia dimakamkan di makam raksasa itu. Puncak gundukan berbentuk lonceng tadi ditutup dengan batu putih. Lebih dari sepuluh ribu patung tanah liat berongga yang diisi tanah dipasang sepanjang kaki gundukan. Patung yang disebut haniwa ini berwujud binatang, orang dan segala macam perabotan.

Tiga selokan yang berisi air mengelilingi gundukan raksasa tadi. Itulah makam terbesar kaisar di Jepang.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s