Kota Hantu

“Emas!” Lebih dari seratus tahun yang lalu teriakan itu menyebabkan ribuan rang berduyun-duyun pergi ke Kalifornia. Kota tambang emas liar dan hiruk pikuk bermunculan bagaikan jamur. Salah satu di antara kota tersebut ialah Bodie. Kota tadi terletak di lembah tersembunyi jauh tinggi di atas gunung di Kalifornia bagian timur. Seorang kelana pencari emas menemukan emas di sana pada tahun 1859.

Segera setelah menemukan emas, ia mati kaku dalam amukan hujan badai. Namun berita tambang emas itu segera tersebar dan orang membanjiri lembah tersembunyi ini. Kota yang muncul diberi nama pencari emas itu. Nama keluarga Body. Namun ejaannya diubah. Ada yang mengatakan bahwa pembuat papan nama salah membuat nama tadi. Ada yag mengaku bahwa warga kota sengaja mengubah ejaan. Agaknya mereka ingin agar kota ini disebut Bodie, bukannya Body.

Dalam tahun-tahun itu pekerja tambang menggali emas yang bernilai jutaan dolar. Pada waktu yang sama penjahat merampok dan membunuh untuk memperoleh jatah jarahan. Bodie menjadi terkenal sebagai kota jahat. Setiap hari hampi selalu terjadi kekerasan. Bank dan kereta kuda berpenumpang dirampok. Perkelahian berdarah terjadi di rumah minum. Jalan-jalan dipenuhi suara tembakan dan banyak orang terbunuh.

Namun ketika emas habis, penduduk Kota Bodie berkemas-kemas dan ikut pergi. Rumah, lumbung, toko dan rumah minum ditinggalkan. Hotel, rumah penginapan dangereja pun kosong. Sekolah, penjara, rumah pemadam kebakaran, kantor pos dan rumah mayat dibiarkan terbengkalai. Dan Bodie berubah menjadi kota hantu.

Kota-kota yang tak berpenghuni tersebar di seluruh Amerika Serikat bagian barat. namun Bodie adalah salah satu kota yang terkenal. Kota ini begitu mahsyurnya sehingga dijadikan taman sejarah. Jika engkau mengunjungi Bodie, engkau dapat melihat bekas-bekas sebuah kota yang pernah dihuni sepuluh ribu orang lebih. Sewaktu engkau berjalan-jalan di kaki lima kayu yang goyah, berhentilah di rumah mayat. Di dalamnya engkau dapat melihat kotak kayu panjang. Kotak ini adalah peti mati yang lazim digunakan utnuk mengubur jenazah di pekuburan terdekat.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s