Harta Horyu-Ji

Di antara pohon tusam yang ditata indah di pelataran dalam itu berdirilah sekelompok bangunan kayu tertua di dunia. Matahari menambahkan sentuhan warna keemasan pada atap genting kelabunya.

Di puncak pagoda atau menara bertingkat lima ini terdapat sebuah bentuk yang dihiasi dengan sembilan buah payung kecil. Payung tadi adalah lambang Budha yang menjadi nama dari salah satu agama besar di dunia, yakni Agama Budha.

Tempat tenteram serta damai di Ikagura, Jepang itu, dikenal sebagai Horyu-ji, yakni wihara utama sekte atau kelompok umat Budha. Kelompok tersebut memakai nama pangeran yang mendirikan wihara tadi lebih dari seribu tahun yang lalu. Baik nama sekte maupun pangeran itu adalah Shotoku.

Rakyat Jepang sungguh-sungguh menghargai Hiryu-ji. Di sini disimpan banyak Harta Pusaka Nasional. Di Jepang Harta Pusaka Nasional mencakup bangunan, lukisan, patung pahatan serta benda seni lain. Maka di samping merupakan kuil agama Budha paling tua di Jepang, Horyu-ji juga merupakan sejenis museum, yakni rumah harta untuk menyimpan barang-barang seni bernilai tinggi.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s