Bukan Nama Harfiah

Apakah pasar yang disebut Pasar Senen hanya dibuka pada hari Senin? Dapatkah engkau membeli rumput di pasar yang dinamai Pasar Rumput? Dan dapatkah engkau membeli ular di Pasar Ular?

Pada masa silam di Indonesia sudah ada pasar yang dikenal orang dengan nama-nama hari. Pada waktu itu apabila seseorang ingin membeli barang yang diperlukan atau menjual barang yang dihasilkan di pasar, ia hanya dapt melakukannya pada hari tertentu saja. Misalnya, ia harus pergi ke desa Asahan pada hari Selasa dan ke Desa Pisangan pada hari Kamis. Oleh karena itu ia harus mengetahui kapan dan dimana pasar itu diselenggarakan. Kalau tidak, percuam sajalah ia datang dan ia pun akan pulang dengan tangan hampa.

Sekarang di Jakarta ada pasar yang dinamai Pasar Senen. Gedung besar dan megah yang gambarnya terlihat di bawah adalah pasar tersebut. Engkau dapat memiliki beraneka ragam barang di pasar ini setiap hari Senin. Tetapi engkau juga dapat ke sana pada hari-hari lainnya. Sebabnya ialah karena Pasar Senen dibuka setiap hari sepanjang pekan dari pagi sampai malam.

Pada masa lalu orang hanya mengenal pasar yang menjual belikan satu atau dua jenis barang saja. Hal ini menyebabkan munculnya nama pasar, seperti misalnya pasar Ikan, Psar Sapi, Psar Burung dan lain-lain.

Di Jakarta ada juga pasar yang dinamai Pasar Rumput dan Pasar Ular. Namun engkau tidak dapat membeli rumput atau ular di sana. Pada masa lampau engkau dapat membeli rumput untuk kudamu di Pasar Rumput. Tetapi sekarang pasar ini tidak menjual rumput lagi, melainkan berbagai macam barang keperluan sehari-hari. Dapatkah engkau membeli ular di Pasar Ular? Tidak! Pasar Ular memperoleh namanya karena pada masa lampau banyak ular hidup di sekitar daerah ini.

Dengan demikian sudah jelaslah sebabnya mengapa nama-nama pasar di atas bukanlah nama harfiah lagi.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s