Pelita di Malam Hari

Gelegar! Guruh memenuhi malam. Laut yang ganas mengayun dan menghempaskan kapal-kapal yang sedang berlayar menuju Iskandariah, sebuah kota di Mesir. Namun para pelaut tidak khawatir. Dari jauh mereka dapat melihat nyala api terang di atas puncak mercu suar. Pelita itu akan membimbing kapalnya menuju Pulau Faros di pelabuhan kota dan tak lama lagi mereka akan selamat mencapai tempat tujuan.

Mercu suar yang dilihat para pelaut tadi dikenal orang sebagai Faros dari Iskandariah. Mercu suar itu merupakan salah satu di antara keajaiban dunia kuno. Tingginya 122 meter lebih. Pada bagian dasarnya ada benteng dengan 300 buah ruang tempat para serdadu menghadapi musuh yang datang menyerang. Pada puncak menaranya terdapat api unggun yang terus menyala.

Faros dari Iskandariah yang dibangun kira-kira 2.300 tahun yang lalu mengawal pelaut menuju tempat aman selama seribu tahun lebih. Namun di kemudian hari sebagian bangunan itu dihancurkan orang karena ingin mencari emas yang tak ada di sana. Kemudian gempa bumi turut menghancurkannya. Akhirnya kira-kira 700 tahun yang lalu gempa bumi menceburkannya ke laut. Maka lenyaplah Faros Agung dari Iskandariah tadi.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s