Para Pemimpin Jepang

Selama lebih dari dua ribu tahun Jepang diperintah oleh kaisar dan oleh orang-orang yang memerintah membantu kaisar. Selama masa itu bangsa Jepang menghormati kaisarnya sebagai dewa. Menurut dongeng, kaisar adalah keturunan dewi matahari, Amaterasu.

Namun setelah Perang Dunia II Kaisar Hirohito menyatakan bahwa kepercayaan ini palsu. Kemudian rakyat memilih pemimpin yang memerintah negaranya. Kini kaisar masih dihormati orang Jepang, namun ia tidak mempunyai kekuasaan. Ia hanyalah lambang negara dan rakyat.

Kaisar serta keluarganya tinggal di Istana Kekaisaran di Tokyo, ibukota Jepang. Rakyat jelata hanya dapat mengunjungi isatan tersebut dua kali setahun, yakni pada hari kedua Tahun Baru dan pada hari lahir kaisar.

Isatan dikelilingi oleh jagang atau parit besar yang berisi air. Orang harus menyeberangi jembatan batu berat di atas jagang bila akan masuk istana. Engkau kadang kala dapat melihat beberapa ekor angsa putih berenang-renang di dalam jagang tersebut.

Di dekat wilayah Istana Kekaisaran terletak Gedung Nasional Diet. Diet berarti “parlemen”. Orang yang dipilih menjadi anggota Diet membuat undang-undang bagi Jepang. Mereka juga memilih perdana menteri yang sekarang sebenarnya adalah “yang memimpin” Jepang.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s