Raksasa Pencakar Langit

Bangunan pada gambar menjulang langit bagaikan raksasa perkasa. Tinggi gedung bertingkat 110 itu adalah 443 meter. Raksasa pencakar langit tadi ialah Menara Sears di Chicago, Illinois, dan merupakan gedung tertinggi di dunia.

Perencanaan Menara Sears saja memerlukan waktu kira-kira tiga tahun. Kemidian diperlukan empat tahun dan jutaan dolar untuk membangunnya. Gedung ini kelihatan sepert sembilan menara yang berbeda-beda ketinggiannya, namun berkelompok menjadi satu.

Agar semua pekerja dan pengunjungnya dapat ditampung, Menara Sears mempunyai tujuh lobi dan lebih dari seratus lift. Empat dari lobi itu begitu tingginya sehingga dinamakan lobi langit. Lobi langit tadi dilayani oleh lift bertingkat, yakni dua lift dibangun satu di atas yang lain. Masing-masing lift dapat memuat 25 orang. Apabila lift bertingkat ini berhenti, lift atas berada di satu lantai, sedangkan lift bawah berada di lantai bawahnya. Itulah yang terjadi di dalam lobi langit di lantai 33 dan 34 serta lantai 66 dan 67.

Engkau dapat menggunakan satu dari kedua lift yang akan meluncur ke atas menuju Geladak Langit di lantai 103. Perjalanan ini memakan waktu tidak sampai satu menit. Dari geladak pengamatan engkau dapat memandang kota Chicago serta daerah sekelilingnya dari atas.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s