Kejayaan Yunani Kuno

Di puncak sebuah bukit tinggi di atas kota Athena berdirilah reruntuhan sebuah kuil yang pernah mengagumkan orang. Kuil ternama ini disebut Parthenon, sedangkan bukitnya Akropolis.

Acropolis adalah pusat kegiatan agama kota Athena kuno. Di atas bukit inilah orang Yunani membangun Parthenon kira-kira 2.500 tahun yang lalu. Kuil mengagumkan itu mereka bangun untuk menghormati Athena Parthenos, dewi pelndung kota Athena. Di dalam kuil diletakkan patung raksasa Athena yang terbuat dari emas dan gading.

Ketika Yunani menjadi negara Kristen, Parthenon diubah menjadi gereja. Di kemudian hari orang Turki menaklukan Yunani dan mengubah Parthenon menjadi mesjid. Namun pada waktu perang, orang Turki menyimpan serbuk mesiu di sini. Serbuk mesiu meledak dan menghancurkan kuil Parthenon.

Bertahun-tahun kemudian Tuan Elgin, seorang bangsawan Inggris, dating mengunjungi Athena. Ia mengirim pulang beberapa patung pualam dari bagian luar bangunan. Patung tersohor yang dinamakan Pualam Elgin tadi masih dapat dilihat di Museum Inggris, London, sedangkan harta-harta lain disimpan di Museum Akropolis, Athena.

Parthenon sudah gundul, hancur serta aus sekarang. Namun kemegahannya yang luar biasa akan menyebabkan engkau berpikir tentag kejayaan Yunani pada zaman kuno.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s