Berbadan Singa – Berkepala Manusia

Apakah yang berbadan singa dan berkepala manusia? Setan? Makhluk menyeramkan? Salah! Jawab yang benar ialah salah satu patung mirip makhluk seram yang banyak terdapat di Mesir. Patung semacam ini dinamakan sfinks. Sfinks besar di Giza, Mesir, adalah salah satu patung terbesar dan termahsyur di antara sfinks lainnya. Inilah sebabnya mengapa itu dinamakan Sfinks Besar.

Sfinks Besar dibuat hampir 5000 tahun yang lalu ketika Khafre menjadi raja Mesir. Kepala patung tadi dipahat sehingga mirip kepala raja, sedangkan badan singa melambangkan kekuatannya. Baik kepala maupun badan dipahatkan pada batu padas keras. Cakar dan kakinya dibuat dari balok batu. Patung raksasa ini tingginya 20 meter dan panjangynay lebih dari 70 meter. Ia berdiri menjaga jalan menuju piramida yang dibangun Raja Khafre.

Kepala Sfinks Besar tadi pernah dirusak lebih dari satu kali oleh orang-orang yang senang menghancurkan benda-benda. Selama abad-abad itu badai pasir gurun ikut mengauskan beberapa batu. Acap kali bagian dasar Sfinks tertimbun pasir. Namun kesannya sekan-akan tidak ada sesuatu pun di dunia ini yang betul-betul dapat menghancurkan Sfinks Besar tadi.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s