Kota yang Hilang

Orang-orang mengatakan bahwa kota itu tak mungkin ditemukan. Seorang pemuda Amerika yang bernama Hiram Bingham beberapa kali mencoba menemukannya, tetapi tidak berhasil. Orang-orang lain yang pernah mencoba sebelum dia juga tidak berhasil.

Hiram tidak mudah menyerah. Ia ingin menemukan salah sebuah kota hilang yang dibangun suku Indian Inka ratusan tahun yang lalu kendatipun ia harus mendaki ratusan gunung.

Suku Indian Inka menguasai Peru lebih dari empat ratus tahun yang lalu. Konon mereka membangun kota-kota di dekat puncak gunung. Bertahun-tahun kemudian orang masih mendengar kisah tentang kota tadi, namun tak seorang pun dapat menemukannya. Pernah adakah kota Inka? Hiram yakin bahwa kota ini ada, maka ia memutuskan untuk membuktikannya. Maka mulailah ia mendaki gunung lagi.

Di dekat puncak gunung tersebut Hiram melihat sesuatu di semak belukar. Yang dilihatnya itu ternyata bangunan, dinding serta kuil batu. Semua tadi adalah reruntuhan kota! Ia lalu masuk ke dalam bangunan dari batu besar yang dipasang erat menjadi satu tanpa direkat dengan adukan semen ini. Yang menghubungkan satu bangunan dengan bangunan lain adalah anak tangga, bukannya jalan.

Sekarang tahulah Hiram bahwa ini pasti salah satu kota Inka yang hilang karena cocok dengan keterangan yang dibacanya. Tak seorang pun mengetahui nama kota itu. Maka ia lalu menamakannya Machu Picchu atau “Puncak Tua”, sesuai dengan nama puncak gunung terdekat.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s