Air di Mana-mana Air

Engkau mungkin tahu bagaimana engkau memperoleh namamu. Tetapi tahukah engkau bagaimana samudra dan laut memperoleh namanya?

Samudra Pasifik diberi nama oleh Ferdinand Magellan, seorang penjelajah berkebangsaan Spanyol. Ketika Magellan berlayar, samudra tadi tenang. Kata Spanyol untuk tenang adalah pacific – pasifik. Kendati demikian, ini tidak berarti bahwa Samudra Pasifik selalu tenang. Amukan angin rebut dan gelombang samudra mengempas ke pantai Pasifik sepanjang tahun. Barangkali dahulu Magellan tak pernah menjumpai angin badai dahsyat di sana.

Samudra Atlantik diberi nama oleh orang Romawi kuno. Pada zaman dahulu orang menganggap bahwa Pegunungan Atlas di Afrika adalah ujung dunia. Dan karena samudra itu terletak di balik pegunungan, mereka menamakannya Samudra Atlantik.

Laut Mati di Israel dan Yordania memperoleh namanya dari musafirzaman dahulu. Tak seekor burung pun mereka lihat terbang di atas laut ini sehingga mereka mengira bahwa udara di atas laut beracun. Namun kini kita mengetahui bahwa burung-burung tidak terbang di atas laut tadi karena tidak ada makanan di sana. Ikan tidak dapat hidup di Laut Mati dan hanya beberapa tumbuhan tumbuh di airnya karena Laut Mati terlalu asin.

Laut Merah, di antara Afrika dan Asia, barangkali diberi nama itu karena alasan-alasan berikut. Pegunungan di dekat laut tadi berwarna kemerahan. Terumbu karang koral serta ganggang laut maupun hewan-hewan kecil di dalam air berwarna merah pula.

Lau Hitam yang terletak di antara Eropa dan Asia dinamakan demikian karena pada musim dingin kabut tebal membuat air tampak gelap dan keruh.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s