Para Pangeran Andorra

Dahulu kala ada seorang bangsawan Spanyol yang memutuskan untuk menyerahkan negaranya kepada orang lain. Negara kecil yang diperintahnya tersebut ialah Andorra. Letaknya jauh tinggi di Pegunungan Pirenea, antara Spanyol-Prancis. Maka selama beberapa ratus tahun uskup-uskup Spanyol memerintah Andorra.

Namun pada suatu ketika uskup yang memerintah menyatakan ketidaksanggupannya untuk mempertahankan negara kecil tadi. Ia memohon bantuan seorang bangsawan Spanyol. Di kemudian hari anggota keluarga bangsawan spanyol ini menikah dengan keluarga bangsawan Prancis. Tak lama kemudian seorang bangsawan Prancis menyatakan akan memerintah Andorra. Uskup Spanyol tidak sepakat. Bagaimana masalah tadi diselesaikan? Mereka berdua menjadi pangeran Andorra dan memerintah bersama-sama! Namun rakyat diizinkan memilih dewan-dewan yang menetapkan beberapa hukum setempat. Begitulah keadaan sejak itu. Dewan Umum bersidang di Gedung Lembah di Ibukota Andorra.

Dewasa ini para pangeran Andorra adalah Presiden Prancis dan Uskup Lerida, Spanyol. Menurut adat setiap tahun rakyat menyerahkan hadiah kepada kedua pemimpinnya secara bergilir. Presiden menerima 200 dolar; Uskup lebih kurang delapan dolar. Namun setiap tahun uskup menerima juga enam babi asin, 12 bola keju, 12 ayam potong dan 12 tekukur yang lalu diserahkannya kepada fakir miskin di Spanyol.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s