Candi yang Dahulu Dilupakan

Kapan Candi Borobudur dibangun dan siapa pendirinya? Ahli purbakala memperkirakan bahwa candi ini dibangun warga Syailendra sekitar tahun 800 dan selama 150 tahun merupakan pusat peziarahan umat Budha.

Namun pada pertengahan Abad ke-9 kekuasaan Syailendra lenyap dan kerajaan Mataram runtuh. Pusat kekuasaan dan kebudayaan pindah ke Jawa Timur. Maka Borobudur pun dilupakan orang. Pohon dan tetumbuhan menutupi candi itu selama ratusan tahun.

Pada awal Abad ke-19 Borobudur memikat hati Raffles, kepala pemerintah Inggris di Indonesia masa itu. Ia memerintahkan Cornelis, bawahannya,agar tempat ini diselidiki. Penyelidikan dan perbaikan terus diadakan oleh pemerintah Belanda serta pemerintah Indonesia sendiri. Pada tahun 1983 pemerintah Indonesia berhasil memugar Borobudur. Bantuan mengalir melalui Unesco dari lembaga nasional dan internasional.

Borobudur berbentuk piramida yang dipotong puncaknya tadi terletak di atas bukit dan terdiri dari enam teras persegi serta dua teras bundar yang tersusun bagaikan anak tangga. Apabila naik dan mengelilingi teras sampai ke puncak, engkau akan berjalan sejauh 4,8 kilometer. Anak tangga batu dan plengkung ukir menghubungkan teras-terasnya. Pada dinding teras perseginya ada batu balok ukir yang meriwayatkan hidup Budha dan ajarannya menurut beberapa naskah. Ada relung yang berpatung Budha. Di puncak teras ada stupa raksasa berbentuk lonceng yang dikelilingi stupa-stupa kecil.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s