Science

Bilangan prima terbesar di dunia ditemukan
Seorang ahli bedah mata di Jerman telah menemukan bilangan prima terbesar di dunia – paling tidak komputernya yang menemukan.

Ahli bedah mata ini, Dr. Martin Nowak dari Michelfield, adalah salah satu dari ribuan orang yang berpartisipasi dalam program Great Internet Mersenne Prime Search, salah satu dari beberapa proyek besar yang memanfaatkan kemampuan komputasi yang sedang menganggur di seluruh dunia.

Bulan lalu, komputer Pentium 4 Nowak memastikan bahwa angka yang ditemukannya setelah bekerja selama lebih dari 50 hari memang benar bilangan prima, dengan hanya dua pembagi, dirinya sendiri dan angka satu.

Sebuah komputer berbeda dengan software berbeda telah memastikan hasilnya.

Angka ini, dalam bentuk eksponensial adalah 225.964.951-1. Angka ini memiliki 7.816.230 digit dan jika dicetak akan memenuhi keseluruhan 235 halaman surat kabar.

Uniknya bilangan ini termasuk dalam bilangan prima Mersenne dimana saat dituliskan sebagai 2n-1, ternyata n juga adalah bilangan prima.

Bilangan prima pertama yang dihasilkan Mersenne adalah bilangan yang sederhana, seperti 2,3, dan 5 untuk n menghasilkan 3,7, dan 31, keseluruhannya bilangan prima – tetapi dengan cepat menghasillkan bilangan yang lebih besar lagi.

Pada tahun 1644, Marin Mersenne, seorang koki berkebangsaan Prancis, menerbitkan daftar dari 11 bilangan prima – yang terbesar adalah 257 – dituliskan bahwa 2n-1 juga adalah bilangan prima.

Daftar ini tidak pernah diperiksa hingga tahun 1947, 3 abad kemudian. Ternyata Mersenne salah tentang dua angka dalam daftarnya dan tidak mencantumkan tiga lagi, tetapi namanya masih tetap masuk sebagai pemula konsep. Walaupun komputer telah makin cepat, angka yang ditemukan Nowak masih pada urutan ke-42 dari yang ditemukan Mersenne.

Pengumuman ini tidaklah begitu penting, karena bagaimanapun yang ingin diketahui oleh ahli Matematika adalah apakah ada bilangan prima yang tidak terhingga?

“Menemukan bilangan prima tambahan tidak terlalu menggembirakan kami”, kata Dr. Andrew Odlyzko, seorang ahli Matematika pada Universitas Minnesota.

Pencarian tetap berlanjut dengan sekitar 75.000 komputer. Dimulai pada tahun 1996 oleh George Woltman, seorang ahli komputer, proyek ini telah menemukan 8 bilangan prima Mersenne.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s